Sebagai seorang pekerja ataupun pebisnis, tentunya membutuhkan relasi.
Relasi yang harus kita jalin tidaklah terbatas oleh jarak atau lokasi. Karena semakin luas jaringan relasi kita, semakin besar pula kesempatan kita untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal, baik dalam segi kulaitas maupun kuantitas.

Misalnya seorang pengusaha, untuk mengembangkan usahanya, maka ia tidak bisa berhenti di satu titik, ia melakukan terobosan-terobosan untuk mengembangkan bisnisnya. Salah satu usaha yang dilakukan misalnya membuka cabang di daerah lain, baik dalam negeri maupun luar negeri.
Tentunya dalam proses pengembangan itu ada beberapa tahap. Tahap awal yang perlu di lakukan adalah survei lapangan.

Survei lapangan dilakukan guna mengetahui kondisi lapangan di tempat yang hendak kita jadikan lokasi usaha baru atau cabang. Biasanya dalam melakukan survei kita membawa serta tim kerja.
Saat kita melakukan survei, pastinya kita belum mempunyai tempat peristirahatan atau tempat kerja sementara. Untuk itu kita harus menyewa tempat baik untuk istirahat, kerja maupun melakukan aktifitas lainnya.

Tempat-tempat seperti penginapan, hotel, restoran dan sebagainya tentunya bukan hanya diperlikan untuk melakukan survei lapangan, semua perusahaan pasti juga memerlukan tempat tersebuut saat ada dinas ke luar kantor atau tempat kerja, baik dinas di luar kota, luar negeri maupun acara rutin seperti meeting.

Untuk menggunakan fasilitas hotel, penginapan dan sebagainya, tentunya diperlukan pemesanan atau reservasi. Untuk reservasi dalam negeri bisa dikatakan tidak terlalu menjadi kendala, namun untuk reservasi di dunia internasional, tentunya ada kendala dalam segi bahasa, yaitu menggunakan bahasa internasional juga.

Disini saya akan berbagi sedikit tentang surat pemesanan atau dalam bahasa inggris sering di sebut " Reservation Letter "
Reservation letter atau surat pemesanan merupakan surat yang dibuat oleh individu atau kelompok untuk memesan tempat (hotel, restoran, penginapan dll. )

Isi surat pemesanan atau reservation letter meliputi ; waktu dan tempat ( tanggal, hari dan tempat) , jumlah orang, kamar, jumlah tempat tidur (untuk hotel), spesifikasi kamar (single atau double) dan sebagainya.

Berikut adalah contoh surat pemesanan atau reservation letter :

     




        R.B DAVIES
         162 Mehdi Way. Lahore
             Pakistan
                            April 12nd,  2014
     
  
     The Manager
     Star Light Hotel
     Wogan Avenue, Syshey. Australia

     Dear sir,
     Six members of our staff will be coming to Australia on business
     from 17th April to 21st April.
     Would you therefore please reserve the following
     accommodation for five nights :
     6 single rooms with showers
     for a group senior “ executive” from my company
     A small converence room
     to accommodate up to 20 people from 19th to 21st April.
     We also use of the hotel’s telex facilities.
     Please bill this accommodation to me at my private address as above.
     Although the group will arrive in Australia by plane at 10.13 am.,
     we have meetings until the late afternoon and will probably
     check in at about 7 p.m. Please confirm this booking.




            Yours faithfully,

                Sucikhatin

Prev

Post a Comment